ini cerita liburanku, bagaimana ceritamu?

ini ceritaku, bagaimana ceritamu?
ini ceritaku, bagaimana ceritamu! Berbagi cerita.
sulham syahid


#saya mulai dari mana yah? Oke, kita mulai dari mana aja dhe! Liburan saya kali ini, liburan cukup panjang, ya sekitar 2 bulanan! Liburan pada semester pertama saya kuliah ini, sebenarnya saya dah punya banyak planing-planing untuk liburan tapi alhamdulilah ya, sebagian besar gak kesapaian. Mahklum, berat diongkos (pelancong kere’).

Hari-hari pertama liburan, saya habiskan waktuku di Makassar, apalagi kalau bukan nongrong sana-sani, senggol sana-senggol sini, nyatronin tempat-tempat wisata (dari ujung sana sampai saaaannnnaaaa lagi!), telusuri Mall-Mall di Makassar, pokoknya gak ada yang saya lewatkan! Hingga akhirnya STOP, karena pendanaan yang meroket turun karena tiap hari/jam tuh di tempat wisata aja terus.

burung keluar dari sanggarnya”
itulah mungkin kata yang tepat untuk beberapa hari pertama saya liburan. Kenapa tidak? Setelah beperang segit dengan tugas-tugas Laboratorium, Setumpuk tugas-tugas dari semua mata kuliah, ditambah lagi Final. Berhasil semua saya lalui dengan kata ‘yesss” saya bisa meskipun dengan sedikit pergorbanan.

Beberapa hari kemudian, keadaan finansial makin kritis. Akhirnya saya putuskan untuk pulang kampung.
*(Ini nama kampung saya:
Desa Senggeng Palie Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone)
 sekedar mau kenalin aja. Sesampai saya di Tanah Bone atau Kampung saya, ya’, saya langsung keliling-keliling karena dah lama gak ngerasain udara segar yang sangat susah di dapat di kota Makassar. Hari-hari saya lewati dengan belajar nge-blog, belajar desain dan menulis sebuah cerita ngawurrr.
Ehm, setelah beberapa hari nongrong di depan Laptop untuk browsing, akhirnya saya berhasil membuat dan mendesain blog saya sendiri. www.mulaidengankanan.blogspot.com itu blog yang saya buat dan kelola dalam 2 hari full time. Mengenai nama blog saya ini, di ambil dari buku Ippho Santosa yang berjudul “13 wasiat terlarang” karena saya sangat tertarik dengan karya buku darinya. Dan karena ketagihan nge-blog, saya iseng-iseng membuat beberapa blog, ini daftar blog saya :
www.sulhamsyahid.wordpress.com
anda bisa kunjungi dan silahkan berceloteh disana tentunya dengan komentar.
Setelah beberapa hari sibuk nge-blog, saya merasa jenuh juga. Akhirnya saya cari-cari kesibukan baru.
Saya mendapat ide untuk mendesain baju :
Langkah pertama cari kiri kanan artikel tentang desain
Kemudian saya rancan baju sendiri, meskipun hasilnya sangat sederhana, saya tetap puas. Akhirnya saya hubungi pembuat baju untuk sablon desain saya dan alhamdulilah baju desain saya jadi. Saya merasa semangat sekali pada hari itu. Dan beberapa hari kemudian, saya berhasil membuat beberapa desain baju yang semakin lumayanlah!

Setelah beberapa hari di kampung, saya sangat merasa jenuh karena cuman mengerjakan hal-hal yang sama tiap hari. Jadi saya putuskan untuk jalan-jalan ke Kalimantan (BORNEO). Berhubung tiket pesawat naik 100% dari harga biasanya karena hari tahun baru dan krisis ekonomi juga pada dompetku, akhirnya saya ke kalimantan dengan armada laut (kapal). Hari itu saya naik bus untuk ke pelabuhan Nusantara , PARE-PARE dengan perasaan yang sangat mengebuh-gebuh dan perasaan selalu gembira. Setelah menempuh jalan berjam-jam akhirnya saya sampai di pelabuhan di Pare-pare.

Hari itu saya dapat tiket kapal BUKIT SIKUNTANG, salah satu Kapal PELNI di Indonesia. Sekitar satu jam setelah saya naik KAPAL, akhirnya kapal berlayar. Hmm, Jalan-jalan pertama saya di Pulau Kalimantan, ya, di Balikpapan. Dengan menyewa taksi, saya menelusuri kota itu. Jujur aja, Saya sangat kagum dengan keindahan kota balikpapan pada malam hari, Indah buangettt! Setelah puas keliling kesana-kemari, akhirnya saya putuskan untuk cari makanan enak. akhirnya  di putuskan untuk makan ikan bakar, dengan menempuh beberapa menit, akhirnya sampai juga di restoran  ikan bakar. Waktu ini saya sangat bersemangat makan, ikan bakar terenak yang pernah saya makan. Kenapa tidak? Saya dah kelaparan bangeeettt (karduspun gurih rasanya kalau begini). Hahaha

Ke esokan harinya, saya lanjutin jalan-jalan ke Tarakan, kalimantan timur. Kali ini sih saya di jemput kakak sepupu saya yang tinggal disana. Dengan mengendarai motor, saya jalan-jalan ke kota takaran. Meskipun diatas motor, saya sangat takut, kenapa tidak? Laju motor mancapai 120cc. Bayangin tuh ditengah kota dengan kecepatan seperti itu. Pokoknya kalau jatuh, “mungkin kayak kodok yang ditindas mobil truk, gepeng” tapi kecepatan semakin dia tambah, pokoknya banting kanan, banting kirik, belok kanan, belok kirik, rem, gas, rem, gas lagi.
plakkkkkkk !!!!
yang saya duga betul, kita nyium mobil (mobil truk lagi). Meskipun jatuhnya gak terlalu sakit karena cuman lecet-lecet aja. Tapi tetap aja sakit!
Pada jam 2 tengah malam, saya di ajak untuk nonton balapan liar di dekat gunung, berhubung saya hobby nonton orang balapan. Ya’ saya iyakan! Sesampainya disana, dah banyak sekali orang yang mau nonton, cewek-cewek pun banyak. Setelah nonton beberapa putaran, suara sirine polisi pun terdengar, dengan kecepatan tinggi (lari) saya lompat kemotor. Kaaaaaabbbbbbbbbbbbbbbuuuuuuuuuurrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr!!!!
tapi sialnya, jalan untuk kabur dah ditutup polisi. Gak ada jalan, mau gak mau sembunyi di parit-parit sama motor. Setelah beberapa jam tersiksa, akhirnya kami lolos juga kerena polisi dah balik dengan oleh-oleh orang pembalap tadi dengan beberapa penonton lainnya.
Ke esokan harinya, saya lanjutin perjalanan ke Nunukan, nunukan adalah salah satu kabupaten di Kaltim. Okee, saya naik kapal lagi, sekitar lima jam, saya sampai di Pelabuhan tunon taka, Nunukan. Saya dah di tunggu sama tante, adi sepupu saya dan ade tante saya (bisa saya sebut om aja yaaa, om muda).
Setelah sampai di rumah, saya mandi sepuas-puasnya, berhubung dah beberapa hari malas mandi. Pokoknya setelah muka dah bisa di pake jalan-jalan, tancap lagi! Dengan motor metic, saya pergi kelilingi kota Nunukan dan putuskan untuk cari-cari buku juga :
Buku yang berhasil saya beli :
living Puzle, the power of kepepet, happy ending ful barakah. Setelah puas cari-cari buku, kali ini cari-cari baju baru.
Baju yang saya beli :
UNFOGIVEN dan VOGARD.
Setelah sangat puas keling-keliling dan beli sana-sini. Saya balik untuk istirahat.
ke esokan hari lanjutin perjalanan ke SEBATIK tepAtnya sih
 SEBATIK BARAT ( LIANG BUNYU ), kali ini saya menaiki perahu untuk penyebrangan. Sempat ketemu orang japan juga sih, cantik banget. Sebenarnya saya mau foto-fota tapi berhubung handphone saya komunikater (kamunikasi dan senter saja), ya, gak jadi dhe.
Setelah sampai di LIANG BUNYU, saya langsung pergi cari buah Durian, mumpung lagi musim durian. Setelah memakan beberapa biji, akhirnya saya K.O, dah Full bangettttttt!!!!!
Besoknya lagi, saya jalan-jalan ke SUNGAI NYAMUK, SEBATIK. Sempat juga singgah ngeliat jombore Nasional di BATULA MAMPUH. Wow, acaranya sangat rame sekali, dari samban sampai maroke, pokoknya ada semua. Dari cewek jakarta sampai cewek papua, ada semua. Tinggal pilih aja mana selerahAnda. Ehehehehe
Ehh, sekedar mau lanjutin cerita aja. Kita dah melihat NEGARA TENTANGGA kita  MALAYSIA, bahkan dah bisa jalan-jalan ke Malaysia kalau kita di Sebatik. Bahkan ada rumah, ruang tamunya INDONESIA dan dapurnya MALAYSIA. Berarti yang punya rumah tiap hari ke NEGERI yaaa??!!

Setelah 6 hari di sebatik barak, liang bunyu. Saya akhirnya balik ke Bone dengan meggunakan kapal air KM. THALIA. Sehari di Bone, langsung ke Makassar lagi.
Inilah ceritaku, bagaimana ceritamu?




ini cerita liburanku, bagaimana ceritamu? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sulham Syahid