Berang-berang laut

Berang-berang laut (Sea otter (Enhydra lutris))

Berang-berang laut (Enhydra lutris) adalah anggota keluarga weasel/musang (Mustelidae) yang paling berat sekaligus mamalia laut terkecil. Berang-berang laut dewasa biasanya memiliki berat badan antara 14-45 kg dan panjang antara 1-1,5 m. Berang-berang laut dapat berenang hingga kecepatan 9 km/jam. Dalam keluarga besar Mustelidae, terdapat 57 spesies dari 22 genus. Beberapa diantaranya hidup di darat, sungai, dan laut. Mari sepintas berkenalan dengan saudara-saudara berang-berang laut lainnya.

Morfologi dan Anatomi Sea otter (Enhydra lutris)/ Berang-berang laut
 Sea otter (Enhydra lutris)
-       bentuk hidung, telinga dan kaki berang-berang laut
Berang-berang laut memiliki hidung & telinga khusus yang dapat menutup ketika berenang di dalam air. Kaki depan memiliki bantalan kasar & cakar untuk memegang mangsa, dan kaki belakang berselaput untuk berenang.
Kaki berselaput berang-berang
-       Kulit dan Bulu berang-berang laut
Berang-berang laut memiliki lipatan kulit di bawah lengan (ketiak) sebagai tas penyimpanan mangsa mereka sebelum di bawa ke permukaan. Tidak seperti mamalia laut lainnya, berang-berang laut tidak memiliki lapisan lemak dan bergantung pada bulu yang sangat tebal untuk tetap hangat. Bulu berang-berang laut adalah yang paling padat di kerajaan hewan. Berang-berang laut dapat mengapung lama karena kapasitas paru yang besar (sekitar 2,5 kali lebih besar dari mamalia darat berukuran sama) dan karena udara yang terjebak di bulu nya.
Berang-berang laut dapat mengapung karena udara yang terjebak di bulunya
-       Cakar berang-berang laut
Berang-berang laut adalah karnivora & aktif mencari makan pada pagi hari (diurnal). Berang-berang laut merupakan satu-satunya mamalia laut yang menangkap ikan dengan cakar dan bukan dengan gigi. Makanan berang-berang laut adalah kerang, bulu babi, abalone, kepiting, ikan, bintang laut, cumi-cumi dan berbagai makhluk laut lainnya. Berang-berang laut memiliki cara unik untuk makan. Mereka menggunakan perut mereka sebagai meja makan dan menggunakan batu untuk menghancurkan cangkang mangsanya. Berang-berang adalah salah satu mamalia yang mampu menggunakan alat.
-       Ekor Berang-Berang laut
mempunyai ekor yang panjang berotot. Rambut-rambut di tubuhnya terdiri dari dua lapisan. Bagian luar dengan rambut-rambut yang panjang dan relatif keras, kaku; dan bagian dalam dengan rambut-rambut yang halus, lunak. Lapisan dalam ini tidak tembus air dan memerangkap udara di dalamnya, sehingga menjaga kulit berang-berang tetap kering dan hangat meskipun tengah berenang di air yang amat dingin.


Berang-berang laut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sulham Syahid