Tugas Pendahuluan Vertebrata Tentang Mamalia

TUGAS PENDAHULUAN VERTEBRATA TENTANG MAMALIA

PRAKTIKUM VERTEBRATA
PRAKTIKUM MAMALIA


1. Sebutkan ciri khusus dari klas mamalia ?
2. Sebutkan perbedaan singa laut dan anjing laut ?
3. Mengapa paus/lumba-lumba selalu meluncur keluar air atau menegakan kepala selama mereka bergerak ???
4. Klasifikasikan balachoptera musculus ?
5. Jelaskan adaptasi tingkah laku dari berang-berang laut ??

Jawab :

1.  Ciri-ciri pada kelas mamalia :
  • ü  Mempunyai saraf tunjang.
  • ü  Bertulang belakang.
  • ü  Mempunyai jantung dengan 4 ruang.
  • ü  Badan dilitupi oleh bulu.
  • ü  Mempunyai cuping telinga.
  • ü  Mempunyai kelenjar peluh.
  • ü  Mamalia betina melahirkan dan menyusukan anak, kecuali mamalia yang sangat primitive
  • ü  seperti Platypus dan sesetengah Tenggiling.
  • ü  Bernafas melalui peparu.
  • ü  Berdarah panas (suhu badan tetap).)
2.    Perbedaan anjing laut dan singa laut :
Anjing laut umumnya bertubuh licin dan cukup besar. Tubuhnya beradaptasi dengan baik untuk habitat akuatiknya, di mana mereka menghabiskan sebagian besar masa hidupnya. Sebagai tangan, kaki depannya berukuran besar dan berbentuk seperti sirip, dan tubuhnya menyempit ke belakang. Anjing laut terkecil, yaitu Arctocephalus galapagoensis memiliki berat sekitar 30 kg untuk ukuran dewasa dan panjang 1.2 meter. Anjing laut terbesar, yaitu anjing laut gajah selatan (Mirounga leonina) memiliki panjang maksimal hingga 4 meter dan berat 2200 kg.


Semua jenis anjing laut merupakan hewan karnivora yang memakan ikan, cumi dan hewan laut lainnya. Anjing laut leopard (Hydrurga leptonyx) kemungkinan merupakan predator terbesar di antara jenis-jenis anjing laut lainnya, yang memakan berbagai macam hewan dari krill,penguin hingga anjing laut lainnya

(http://id.wikipedia.org/wiki/Anjing_laut)

Singa laut merupakan hewan yang tergolong dalam klasifikasi benda hidup, alam hewan, bertulang belakang (vertebrat), kelas mamalia. Singa laut adalah hewan berdarah panas, melahirkan dan menjaga anak.

Untuk sampai pada kesimpulan itu, Jiang melakukan analisis genetik pada 12 spesies pemakan daging dan melakukan observasi pada reseptor rasa yang dimiliki. Sebanyak 12 spesies yang diteliti diantaranya kucing, singa laut, anging laut berbulu, anjing laut Pasifik, berang-berang Asia, anjing hutan, dua spesies mirip kucing disebut fossa, dan linsang, serta lumba-lumba. Peneliti menjumpai bahwa pada spesies di atas, resptor rasa manis tidak berfungsi. Sebab, gen yang mengontrol produksi protein fungsional yang membantu mengecap rasa manis mengalami mutasi. Sementara itu, singa laut dan lomba-lumba hidung botol tak hanya kehilangan kemampuan rasa manis, tetapi sensasi rasa gurih. Lumba-lumba bahkan tak mampu mengecap rasa pahit. http://ikanpeliharaan-ku.blogspot.com/2012/04/ciri-ciri-singa-laut.html

3.    Paus/lumba-lumba selalu meluncur keluar air atau menegakan kepala selama mereka bergerak untuk memukau manusia dan mengajak mereke ke negerinya yang di bawah air.

4.    Kingdom: Animalia 
Phylum: Chordata
Subphylum: Vertebrata
Class: Mammalia
Subclass: Theriiformes
Order: Cetartiodactyla
Family: Balaenopteridae
Subfamily: Balaenopterinae
Genus: Balaenoptera
Spesies: Balaenoptera musculus
http://zipcodezoo.com
5.    Hewan ini hidup soliter, masing-masing individu memiliki daerah teritori yang tidak boleh dimasuki oleh individu lain. Individu betina memiliki daerah teritori terpisah satu sama lain. Jantan memiliki daerah jelajah yang jauh pernah tercatat sepanjang sungai sampai 80 km, dan berhimpitan dengan daerah teritori beberapa ekor betina. Betina juga akan terlihat bersama anak yang belum dewasa.
      Hewan ini lincah dan suka berseluncur di salju atau di pinggir sungai. Di daerah pesisir, waktu aktif pada siang hari, dan pada perairan tawar aktif malam hari. Hal ini tergantung habitat dan hewan mangsanya. Aktif malam hari jika hewan mangsa aktif pada malam hari begitu juga sebaliknya.
      Berenang di sepanjang permukaan dan ketika menyelam ekor akan terlihat ke atas dan mencari hewan mangsa di sepanjang dasar. Ikan kecil langsung di makan di permukaan air, jika ikan besar maka akan di bawah ke darat terlebih dahulu. Hewan ini dapat juga menangkap kelinci dengan masuk ke lubangnya, dan juga burung air dengan cara menangkap dari bawah permukaan air. http://aadrean.wordpress.com

Tugas Pendahuluan Vertebrata Tentang Mamalia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sulham Syahid