Cara mengatasi rambut rontok terbukti berhasil


Cara mengatasi rambut rontok / Tips Mengatasi Rambut Rontok yang menyebabkan kebotakan - kali ini saya akan sharing tentang bagaimana cara mengatasi rambut rontok dengan cara alami dan cepat. ya, kerontokan bisa terjadi pada pria maupun wanita dengan beberapa penyebabnya diantaranya :
  • Rambut rontok karena kekurangan kalori
    Bagaimana kita bisa kekurangan kalori? Hmm.., hal ini biasanya akan dialami oleh orang-orang yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Mereka akan menempuh berbagai cara termasuk diet ketat rendah kalori. Diet semacam ini akan menyebabkan keletihan, dehidrasi, dan keram, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kesehatan secara umum, termasuk kesehatan rambut. Untuk mengurangi dampaknya, pastikan untuk memberikan tubuh dengan asupan protein yang cukup. Perlu Anda ketahui bahwa protein merupakan zat esensial untuk menjaga kesehatan rambut agar kuat dan tidak mudah rontok.
  • Rambut rontok karena stres
    Apa hubungannya stress dengan kerontokan rambut? Begini saudara-saudara yang budiman.., tingkat stres yang tinggi konon bisa menyebabkan folikel rambut "tertidur" karena terserang oleh sel darah putih. Akibatnya tak lama kemudian rambut akan mengalami kerontokan. Bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa saja melakukan relaksasi melalui aktivitas yoga, terapi, meditasi dan lain-lain. Hindari tekanan dan penyebab stres untuk mengurangi kerontokan pada rambut yang lebih parah yang dapat mengarah pada kebotakan. Rambut akan mulai tumbuh kembali ketika pori-pori kulit kepala sudah tertutup.
  • Rambut rontok karena hypo atau hyperthyroidism
    Hypo atau hyperthyroidism dapat menyebabkan rambut rontok? Ketidakseimbangan hormon bisa menaikkan level zat kimia bernama DHT yang menyerang folikel rambut. Adapun cara mengatasi kedua kondisi ini bisa saja mengonsumsi obat-obatan yang dapat menyeimbangkan kembali hormon tiroid dalam tubuh Anda.
  • Rambut rontok karena anemia
    Anemia bisa terjadi akibat kekurangan zat besi pada sel darah merah. Zat besi sangat diperlukan untuk kesehatan folikel rambut. Bila ini dibiarkan, maka salah satu efeknya akan membuat rambut Anda rontok. Solusinya adalah dengan mengonsumsi suplemen zat besi dan vitamin C. kehadiran vitamin C akan membantu penyerapan zat besi sehingga rambut rontok dapat diatasi dengan cara murah, cepat dan efektif.  
  • Rambut rontok karena obat-obatan tertentuApakah Anda suka mengonsumsi obat-obatan keras semacam antidepresan, diuretik, pil Rx dan sejenisnya. Ketahuilah bahwa obat-obatan semacam itu memiliki efek samping yaitu menyebabkan kerontokan rambut. Cara mengatasinya adalah dengan menurunkan dosis obat-obatan tersebut. Atau jika memungkinkan gantilah obat-obatan tersebut dengan pengobatan alternatif lainnya.


    Bagaimana cara mengatasi rambut rontok dengan cara alami dengan menggunakan bahan - bahan yang ada disekitar kita, diantaranya : 

  • Yoghurt. Yoghurt juga dapat mencegah kerontokan. Penggunaan yoghurt secara rutin juga akan mencegah rambut cepat beruban. Caranya, gunakan yoghurt sebagai masker rambut dengan teratur setiap dua minggu sekali. Dan hasilnya, rambut akan semakin bercahaya.

  • Teh. Teh hijau (green tea) mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi rambut dari paparan polusi. Teh melati bermanfaat untuk meningkatkan kilau rambut. Teh rasa mint bermanfaat untuk menyejukkan kulit kepala serta  menghilangkan lemak dan ketombe serta mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Caranya cukup dengan menyeduh teh dengan menggunakan air panas, lalu endapkan selama semalaman. Air teh yang sudah basi tersebut, digosok-gosokkan ke kulit kepala. Lakukan sesaat sebelum keramas.
  • Alpukat. Untuk rambut kering. Karena alpukat kaya akan asam lemak dan nutrisi. Caranya, hancurkan alpukat di dalam mangkuk, dan aduk sampai menjadi pasta kental. Kemudian, usapkan pada rambut mulai dari akar hingga ujung rambut. Lalu biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan rambut dengan menggunakan sampo, kemudian bilas.
  • Kemiri.  Kemiri dapat memperbaiki dan memperkuat rambut. Kandungan minyak di dalam kemiri, sangat baik bagi akar rambut. Caranya, kemiri ditumbuk kasar, lalu disangrai. Setelah itu, tumbuk hingga halus sampai keluar minyak. Gunakan minyak kemiri untuk creambath, lakukan sebelum keramas, lalu bilas dengan air bersih baru gunakan sampo untuk keramas
  • Bawang Merah.  Khasiat  untuk mencegah rambut rontok. Caranya , cukup dengan makan bawang merah tersebut. Atau makan bawang merah yang sudah  jadi acar. Ini membantu agar rambut tidak cepat rontok. Terkadang kita tidak kuat makan bawang merah karena baunya, hal ini bisa dihindari dengan  mengolesi kulit kepala dengan perasan bawang merah pada malam harinya. Kemudian pada pagi hari, bilas rambut dengan menggunakan sampo.
  • Cuka apel.  Kandungan  alpha-hidroxy acids mampu  membantu membersihkan residu dari polusi dan kotoran. Sehingga rambut menjadi lembut dan bersinar. Campur setengah cangkir cuka apel dengan seperempat cangkir air. Gunakanlah campuran tersebut untuk membilas rambut pada saat keramas.
  • Telur. Telur digunakan sebagai conditioner rambut. Kandungan proteinnya yang tinggi mambantu  menambah kilau rambut. Tetapi bau amis telur terkadang membuat banyak orang yang enggan untuk menggunakannya. Ada cara untuk menghilangkan bau amis pada telur, yaitu dengan menggunakan tetesan perasan jeruk lemon ke dalam telur yang sudah dikocok. Kemudian dioleskan ke rambut sebagai masker
  • Minyak Kelapa. Kandungan antioksidan  mampu melembutkan rambut yang kering dan kutikula yang rusak sehingga rambut menjadi bersinar. Caranya, hangatkan tiga sendok makan minyak kelapa dan sikatkan rambut dengan lembut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Kemudian bungkus rambut dengan menggunakan handuk panas selama 30 menit. Lalu keramas dengan sampo dan bilas rambut dengan air bersih.

    Tips / cara lain untuk mengatasi rambut rontok :
  • Biasakan untuk mengonsumsi makanan bergizi, terutama yang banyak mengandung protein dan zat besi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan organ tubuh termasuk rambut. Sumber protein utama berasal dari ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai dan lain lain.
  • Gunakan kondisioner yang mengandung ginseng agar rambut sehat berkilau dan tidak mudah patah sehingga rambut tak mudah rontok.
  • Gunakan sisir yang bergigi renggang (jarang), termasuk ketika Anda menggunakan kondisioner, agar rambut tidak kusut saat dibilas.
  • Pilihlah sampo herbal alami atau sampo yang ekstra ringan agar kulit kepala lebih nyaman.
  • Hindari menggunakan air panas saat keramas. Gunakan air dingin atau hangat kuku karena ini lebih baik unuk kesehatan rambut.
  • Keringkan rambut dengan diangin-anginkan saja, tanpa hairdryer dan juga jangan pakai handuk. Rambut yang dikucek-kucek dengan handuk akan mudah tercabut dari akarnya karena kulit kepala sangat lembab.
  • Gunakan hair tonic atau serum untuk menyuburkan rambut. Hair tonic yang mengandung ginseng bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut baru.
  • Sedapat mungkin hindari minuman yang mengandung kafein karena tidak baik bagi pertumbuhan rambut.
  • Keramaslah dengan sampo yang mengandung ginseng, yang berfungsi membersihkan rambut dari segala kotoran serta menguatkan akar dan batang rambut sehingga tidak mudah patah dna tidak mudah rontok.
  • Gunakan masker rambut untuk memberi asupan nutrisi rambut, merawat dan memulihkan kesehatan serta keindahan rambut. Gunakan masker rambut 2-3 kali seminggu.
  • Kurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut dan spray rambut. Sebaiknya gunakanlah produk yang terbuat dari bahan alami.
  • Jika rambut masih terjadi kerontokan terus, periksakan dan konsultasikan ke dokter ahli dermatologi.
Cara mengatasi kebotakan dan rambut rontok
  • Konsumsi Almond, karena ia mengandung sumber protein dan banyak zat besi juga vitamin E. Ia mampu menimimalisir besaran kolestrol dalam tubuh. Konsumsi almond segenggam sehari dipercaya mampu melawan kebotakan.
  • Jeruk, buah ini juga bagus untuk memerangi rambut rontok dan kebotakan. Kandungan vitamin C didalamnya amatlah bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut baru.
  • Ikan terkenal sebagai makanan enak dan penuh protein, ia juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok, yang berimbas pada kebotakan. Karena mengandung vitamin B-6, A juga asam lemak esensial untuk menjaga kesehatan rambut.
  • Kedelai kandungan zat besi pada kedelai mampu memproduksi hemoglobin. Aktifnya produksi hemoglobin membantu pendistribusion oksigen ke jaringan tubuh. Sehingga memudahkan proses pertumbuhan rambut.
  • Konsumsi air sebanyak paling tidak 8 gelas perhari, karena ini dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut anda.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok. semoga dengan mengerapkan beberapa tips di atas. rambut rontok bisa tidak muncul lagi atau minimal berkurang.

Cara mengatasi rambut rontok terbukti berhasil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sulham Syahid